Rabu, 22 Oktober 2008

175 Delegasi pastikan ikut Kirab Pusaka Dunia

2-Oktober-2008 18:25
175 Delegasi pastikan ikut Kirab Pusaka Dunia

Solo (Espos)---Sebanyak 175 delegasi dari luar negeri memastikan diri ikut dalam Kirab Pusaka Dunia yang bakal digelar Minggu (26/10), sebagai bagian dari rangkaian acara World Heritage Cities Conference and Expo (WHCCE).

Sementara dari dalam negeri, semua delegasi juga dipastikan ikut. Menurut perkiraan panitia, jumlah total peserta kirab mencapai 3.000-an orang. Sementara penonton diperkirakan mencapai lebih dari 100.000 orang.

Satu hal yang menarik, para peserta kirab tersebut akan memakai busana khas negara atau daerah masing-masing. Selain itu, akan ada pula pertunjukan seni dan intangible heritage, seperti menarik mobil penuh penumpang menggunakan rambut, atraksi makan beling, Debus Mataraman, Debus Banteng, dan permainan api.

Upacara pemberangkatan akan dilakukan di halaman Balaikota Solo, sekitar pukul 14.00 WIB. Setelah itu, iringan kirab akan berjalan melalui rute sisi barat Jl Jend Sudirman, berbelok ke barat melalui Jl Slamet Riyadi, dan finish di perempatan SE Purwosari.

"Penentuan rute itu mengambil filosofi orang Jawa, yang menyatakan bahwa awal kehidupan ada di timur, puncak kehidupan ada di selatan, sedangkan akhir kehidupan ada di barat," ujar Manajer Kirab, Winarso Kalinggo, dalam konferensi pers yang digelar di Ruang Pertemuan Badan Informasi dan Komunikasi (BIK) Solo, Rabu (22/10).

Winarso menjelaskan, kirab tersebut akan dibagi menjadi empat kelompok. Pertama adalah peserta walikota yang menggunakan lima kereta kencana dan 15 andong hias, ditambah beberapa ekor kuda. Para walikota akan mengenakan busana adat negara atau daerah masing-masing. Kelompok kedua, terdiri atas dua kereta, yang satu untuk pusaka peninggalan leluhur ngadi sariro dan ngadi busana.

(sumber Oleh: Suharsih solopos.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar